6 Tips dan Trik untuk Meningkatkan Follower Instagram dan Memperluas Jangkauan Bisnis Anda
Jumlah pengikut Instagram tidak lagi sedikit. Banyak pemilik bisnis yang ingin mengetahui cara menambah followers Instagram karena bisa menunjukkan kepopuleran bisnisnya.
Dulu, banyak orang yang mencari jalan pintas dengan membeli followers atau menggunakan bot. Namun, Anda harus memahami bahwa strategi ini tidak efektif dalam mendorong pertumbuhan bisnis.
Untuk mengembangkan bisnis Anda, Anda membutuhkan pelanggan atau orang yang benar-benar tertarik dengan produk atau layanan Anda. Hasilnya, kami telah menyusun daftar strategi untuk mendapatkan pengikut Instagram yang berkualitas. Pertama, mari kita lihat mengapa bisnis sangat membutuhkan pengikut Instagram.
Mengapa jumlah followers Instagram penting untuk bisnis?
Platform media sosial seperti Instagram telah memengaruhi kehidupan banyak orang. Media sosial umumnya digunakan untuk membantu pengguna tetap berhubungan dengan teman dan keluarga. Tetapi juga merupakan alat pemasaran yang efektif bagi perusahaan.
Ketika akun Instagram memiliki banyak pengikut, itu membawa banyak keuntungan bagi bisnis. Itu adalah sebagai berikut:
Membuat perusahaan terlihat lebih dapat dipercaya. Konten atau pesan pemasaran menjangkau lebih banyak orang. Meningkatkan keuntungan perusahaan.
6 Tips dan Trik untuk Meningkatkan Follower Instagram dan Memperluas Jangkauan Bisnis Anda
1. Buat profil Instagram profesional
Sebelum Anda memutuskan untuk menambah followers Instagram, sebaiknya optimalkan dulu akun bisnis Anda. Sediakan biodata dan foto profil yang jelas agar orang-orang tertarik dan bisa mempelajari bisnis Anda lebih jauh. Tambahkan juga tautan situs untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Anda.
Selain itu, akun Instagram Anda harus mudah diakses dan relevan dengan bisnis Anda. Jika nama perusahaan Anda panjang, persingkat menjadi sesuatu yang akan dikenali oleh audiens target Anda. Anda tidak perlu menambahkan angka atau karakter pada nama pengguna Anda jika nama perusahaan Anda tidak mengandung angka.
2. Manfaatkan gulungan Instagram
Jika Anda belum membuat Instagram Reels, bisnis Anda mungkin kehilangan peluang besar untuk menumbuhkan pengikut Anda. Instagram Reel adalah fitur yang mirip dengan video TikTok. Fitur ini memungkinkan Anda membuat dan mengedit video dari 15 hingga 60 detik.
Konten ini akan muncul di umpan Anda untuk dilihat oleh pengikut dan non-pengikut akun bisnis Anda. Alhasil, informasi pemasaran yang Anda berikan menjangkau banyak orang. Untuk memastikan bahwa konten Reels Anda berfungsi dengan baik, Anda harus:
Sertakan kata kunci dan tagar dalam deskripsi
Gunakan suara yang trendi
Tambahkan teks di layar untuk menjangkau pelanggan yang menonton tanpa suara
3. Gunakan hashtag
Tagar adalah salah satu alat yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan pengikut Instagram Anda. Pengguna Instagram telah menggunakan tagar selama bertahun-tahun untuk memudahkan pengguna Instagram lainnya menemukan konten. Sebagai pemilik bisnis, Anda dapat menggunakan strategi ini untuk meningkatkan jangkauan pesan pemasaran Anda.
Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan saat menggunakan tagar agar berfungsi dengan baik:
Lakukan riset untuk menemukan tagar populer yang terkait dengan bisnis atau produk yang Anda jual.
Gunakan tagar yang berbeda untuk setiap konten. Menggunakan tagar yang sama di setiap konten membuatnya terlihat seperti spam.
Anda dapat menganalisis performa konten Anda dengan Instagram Insights untuk mengetahui tagar mana yang memiliki performa terbaik.
4. Atur hadiah
Hosting hadiah gratis adalah cara hebat lainnya untuk mendapatkan pengikut Instagram. Selain itu, cara ini biasanya memiliki tingkat engagement yang tinggi dan dapat meningkatkan brand awareness.
Jika Anda belum pernah melakukan giveaway sebelumnya, berikut adalah beberapa contoh syarat yang harus dipenuhi oleh pengguna Instagram untuk menerima hadiah gratis.
Minta pengguna untuk mengikuti akun bisnis Anda, menyukai, membagikan, dan mengomentari konten giveaway yang Anda posting.
Undang pengguna untuk mengomentari konten giveaway yang diposting dengan menandai beberapa teman mereka. Buat kontes kecil yang meminta pengguna untuk membuat postingan unik tentang merek Anda.
5. Berkolaborasi dengan influencer di Instagram
Influencer marketing adalah strategi penjualan yang menggunakan influencer. Bekerja dengan influencer juga bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk meningkatkan pengikut Instagram. Secara umum, influencer telah membangun kepercayaan dan loyalitas di antara para pengikutnya, sehingga lebih mudah meyakinkan mereka untuk membeli produk yang mereka promosikan.
Saat menggunakan strategi ini, pilih influencer yang relevan dengan bisnis Anda. Cari tahu apakah influencer memiliki banyak keterlibatan dengan pengikutnya atau tidak.
Iklan Instagram adalah layanan periklanan yang disediakan oleh Instagram di mana pemilik bisnis membayar biaya agar postingan mereka dilihat oleh lebih banyak pengguna Instagram. Instagram Ads, seperti Facebook Ads, bisa muncul di feed, IG story, IG explore, dan tempat lainnya. Iklan akan muncul sebagai postingan biasa tetapi akan selalu menyertakan label "sponsored" untuk menunjukkan bahwa konten tersebut adalah iklan.
Dengan layanan ini, Anda bisa mendapatkan followers yang lebih berkualitas karena Anda bisa mengontrol audiens target Anda. Instagram saat ini menawarkan beberapa format iklan yang dapat dipilih, antara lain:
Iklan gambar
Iklan cerita
Iklan video
Iklan korsel
Iklan koleksi
Jelajahi iklan
Iklan IGTV
Iklan belanja
Iklan gulungan